Beranda | Artikel
Saling Menasihati - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Senin, 27 April 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Saling Menasihati

Saling menasihati merupakan salah satu sifat dan akhlak mulia yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Nasihat adalah mengajak orang lain untuk melaksanakan sesuatu yang mengandung mashlahat atau mencegahnya dari mengerjakan sesuatu yang mengandung mudarat.

Peran nasihat amat penting dalam mewujudkan kebaikan dan kedamaian. Apabila sesama muslim saling memberikan nasihat, niscaya persaudaraan mereka akan semakin kokoh. Asalkan nasihat tersebut diberikan ikhlas karena Allah serta didorong oleh rasa kasih sayang dan perhatian besar agar saudaranya mendapatkan kebaikan.

Nabi Nuh ‘alaihissalam misalnya sering sekali berkata kepada kaumnya dalam rangka menasihati mereka.

أُبَلِّغُكُمْ رِسَالاَتِ رَبِّي وَأَنصَحُ لَكُمْ وَأَعْلَمُ مِنَ اللّهِ مَا لاَ تَعْلَ

“Aku sampaikan kepadamu amanat-amanat Tuhanku dan aku memberi nasehat kepadamu. dan aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui”. (QS Al-A’raf [7]: 62)

Nabi Syu’aib ‘alaihissalam berkata kepada umatnya, menasihati mereka agar menapaki jalan kebenaran:

فَتَوَلَّى عَنْهُمْ وَقَالَ يَا قَوْمِ لَقَدْ أَبْلَغْتُكُمْ رِسَالاَتِ رَبِّي وَنَصَحْتُ لَكُمْ فَكَيْفَ آسَى عَلَى قَوْمٍ كَافِرِينَ

“Maka Syu’aib meninggalkan mereka seraya berkata: “Hai kaumku, sesungguhnya aku telah menyampaikan kepadamu amanat-amanat Tuhanku dan aku telah memberi nasehat kepadamu. Maka bagaimana aku akan bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir?”. (QS Al-A’raf [7]: 93)

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai sifat saling menasihati ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama “Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia”: Saling Menasihati

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/13227-saling-menasihati-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma/